Menilai Batik Berdasarkan Berdasarkan Cara Pembuatan

Gimana sih sebenarnya cara Anda menilai batik? Bagaimana caranya kita bisa tahu, bahwa batik yang satu lebih baik dari batik yang lainnya? Nah pada kesempatan ini, hal inilah yang ingin saya bahas secara seksama. Agar nanti suatu ketika, Anda dapat menilai sendiri batik yang Anda temukan itu kira-kira bernilai tinggi atau hanya batik murahan. Kalau Anda tertarik dengan batik, silahkan Anda baca artikel tentang pengertian batik ini yang sangat lengkap dan bagus. Mari sama-sama kita simak ya gan.

Baiklah, pertama-tama yang Anda harus tahu terlebih dahulu adalah fakta bahwa terdapat 5 jenis cara pembuatan batik yang ada di Indonesia. Melalui cara pembuatan inilah Anda dapat mendapatkan nilai sesungguhnya dari sebuah batik. Beberapa jenis batik berdasarkan cara pembuatannya adalah:

  1. Batik Tulis – Batik Dengan Nilai Tertinggi

 

Batik tulis dianggap sebagai batik dengan tingkat kesulitan yang paling tinggi. Kenapa? Karena proses yang dibutuhkan untuk membuat sehelai kain tulis merupakan proses dengan tahapan yang banyak, serta membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Waktu yang diperlukan untuk membuat batik tulis berkisar antara 3 minggu sampai 2 tahun lamanya!

 

Ditambah lagi dengan kerumitan penggambaran motif yang menggunakan pensil dan canting. Memerlukan keahlian yang diiringi dengan akurasi yang baik untuk membuat batik tulis yang rapi. Batik tulis dianggap jenis batik yang paling asli dibandingkan dengan batik yang dibuat dengan metode lainnya.

 

Batik tulis merupakan batik dengan nilai yang sangat tinggi. Dikarenakan batik tulis dianggap oleh masyarakat sebagai sebuah bentuk seni tersendiri. Lalu, belum lagi proses pewarnaan yang juga sangat-sangat rumit yang meliputi proses nembok / nyanting, nyorek, nyelup dan sebagainya yang dilulang-ulang sesuai dengan jumlah warna yang ingin dimasukkan pada kain tersebut.

 

Batik tulis dengan motif yang berwarna warni memiliki nilai yang lebih daripada batik tulis yang hanya memiliki satu atau dua warna saja. Ini karena proses pewarnaan yang sangat rumit tadi, diperlukan waktu dan tenaga yang tidak sedikit untuk proses pewarnaan. Terutama karena setiap wana yang ada pada batik tersebut, berarti menambahkan proses pewarnaan sejumlah warnanya. Padahal proses ini terdiri dari 5-6 tahap. Inilah juga kenapa sebuah batik tulis bernilai sangat tinggi, bahkan diatas batik lukis.

 

  1. Batik Lukis

 

Batik lukis dianggap sebagai salah satu jenis batik asli. Karena kerumitan yang harus dilalui untuk membuat batik lukis tidaklah sedikit. Batik ini benar-benar dibuat dengan cara dilukis, tanpa menggunakan lilin malam yang pada umumnya digunakan untuk membuat batik.

 

Anda mengertikan bahwa melukis itu bukan perkara mudah? Apalagi sebuah lukisan itu tentunya saja dianggap sebagai sebuah seni dengan nilai yang cukup tinggi. Menggunakan sebuah lukisan sebagai pakaian Anda? Tentu saja batik lukis dianggap sebagai batik dengan nilai yang paling tinggi kedua setelah batik tulis.

 

  1. Batik Cap – Batik Dengan Nilai Ketiga Tinggi

 

Nah, batik cap merupakan batik dengan kualitas yang sangat baik. Diperlukan akurasi yang sangat baik dalam membuat batik cap, karena pada intinya pengerjaan batik cap adalah menyambung motif. Cap tembaga yang dibuat biasanya berbentuk persegi berukuran 20x20cm, dan untuk membuat motif berulang pada selembar kain maka sang pengrajin harus menyambung motif tersebut dengan sangat tepat.

 

Para antusias batik menganggap batik cap sebagai salah satu jenis batik asli. Mereka beranggapan bahwa diperlukan usaha yang cukup besar untuk membuat batik cap, walaupun tentunya lebih mudah dibandingkan batik tulis.

 

Secara nilai, batik cap memang tidak akan bernilai semahal batik tulis. Namun keaslian batik cap tidak diragukan lagi. Batik cap dapat menjulang tinggi harganya apabila setelah proses stempel selesai, lalu batik ini dicolet (dilukis). Ini kerap dilakukan para pengrajin untuk mendongkrak harga batik cap tersebut. Dimana batik cap lukis ini lalu akan terlihat mirip dengan batik tulis, sehingga harganya bisa lebih mahal dari batik cap biasa.

 

  1. Batik Cetak Sablon – Batik Dengan Mutu Kedua Terendah

 

Batik cetak sablon berbeda dengan batik printing mesin! Serupa tapi tidak sama. Batik cetak sablon memerlukan tangan manusia untuk membuatnya. Cara pembuatan batik ini sama persis dengan sablon kaos, menggunakan bingkai rakel.

 

Banyak orang beranggapan bahwa yang namanya batik printing itu pasti batik printing mesin, padahal salah. Bahkan banyak juga batik yang dibilang printing itu adalah batik cetak sablon, yang notabene dari segi pembuatan lebih rumit dibandingkan batik printing mesin. Apalagi batik ini memerlukan campur tangan manusia untuk membuatnya.

 

Jadi kalau dibilang batik cetak sablon itu mutunya sama dengan batik printing mesin, sudah pasti salah. Batik ini lebih baik dari segi kualitas dibandingkan batik printing mesin. Cetak sablon merupakan sebuah metode pewarnaan yang lebih cepat dibandingkan cap. Untuk memenuhi kebutuhan batik yang melunjak drastis di Indonesia sejak tahun 1990 lampau.

 

  1. Batik Printing Mesin

 

Inilah batik yang sangat mengkhawatirkan para pecinta batik di tanah air sesungguhnya. Karena batik printing mesin banyak yang berasal dari Cina. Sehingga malah mematikan UMKM lokal yang memproduksi batik juga.

 

Dari segi kualitas, batik ini tidak memiliki nilai seni apapun. Tidak ada campur tangan manusia yang diperlukan dalam pembuatan batik printing mesin. Presisi yang dihasilkan 100% akurat, tidak ada kesalahan-kesalahan yang dapat terjadi dan menghasilkan kesalahan yang menyeni.

 

Batik printing mesin merupakan batik yang dikecam oleh sebagaian besar pecinta batik di Indonesia. Batik ini tidak memiliki nilai seni sama sekali, sehingga pembuatan batik ini memang hanya bertujuan untuk komersil semata.

 

Namun ternyata batik ini sangat ramai digunakan di pasaran karena ketidaktidahuan masyarakat akan kualitas sesungguhnya dan dampak negatif yang diberikan oleh batik ini. Untuk saat ini, batik printing mesin adalah batik dengan nilai paling rendah diantara yang lain.

 

Baiklah gan, itulah tadi nilai nilai batik berdasarkan cara pembuatannya. Kalau anda ingin batk yang sangat bagus, maka gunakanlah batik tulis, batik printing dan batik cetak tidak akan menghasilkan kesan istimewa ketika Anda pakai. Apabila Anda perlu batik yang cukup bagus untuk sehari-hari, maka gunakan lah batik cap atau cetak. Selain harganya murah, kualitasnya juga cukup bagus. Jadi kalau sekarang Anda sudah mengerti, semoga Anda bisa memilih batik Anda dengan lebih hati-hati yang gan. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *